Kadis DLH Gorontalo Utara Minta Masyarakat Waspada Hadapi Cuaca

  • Whatsapp
Kadis DLH Gorontalo Utara Minta Masyarakat Waspada Hadapi Cuaca
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu. (Foto: dok. 60dtk)

60DTK, Gorontalo Utara – Melihat kondisi Wilayah Gorontalo Utara yang sampai hari ini terus diguyur hujan, Kepala Dinas lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu minta kepada masyarakat untuk tetap waspada.

“Kalau musim hujan seperti ini, jelas akan terjadi lagi banjir di beberapa wilayah yang memng sudah menjadi langganan banjir, maka dari itu kami meminta masyarakat harus lebih waspada,” kata Ilyas, Jumat (17/07/2021).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, sering terjadi banjir ataupun tanah longsor itu diakibatkan oleh kurangnya pohon-pohon yang bisa menahan air di perbukitan maupun di pegunungan.

Kadis DLH Gorontalo Utara Minta Masyarakat Waspada Hadapi Cuaca
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu. (Foto: Dok-60DTK)

“Ini karena sudah tidak ada lagi yang bisa menahan air, pohon-pohon besar sudah tidak ada, otomatis air yang seharusnya diserap oleh akar pohon itu langsung mengalir ke muara yang menyebabkan arus air semakin kuat sehingga terjadi banjir,” jelasnya.

Oleh karena itu, kewaspadaan dengan kondisi cuaca sekarang perlu di tingkatkan. Selain itu juga, kesadaran masyarakat untuk kembali melakukan penanaman pohon di kemiringan 45 derajat keatas guna mengantisipasti dampak yang ditimbulkan oleh lingkungan itu sendiri.

“Saya kan sudah ingatkan, lakukan penanaman pohon di kemringan yang sudah melebihi batas yang dianjurkan, kurangi perilaku merusak hutan, agar supaya alam akan memberikan dampak yang baik bagi lingkungan itu sendiri,” tutur Ilyas Lagarusu. (adv)

Pos terkait