Kesbangpol Kabgor Aktif Laksanakan Silent Operasi

  • Whatsapp
Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Gorontalo, Heri Pateda.

60DTK-Kabupaten Gorontalo: Untuk mengetahui latar belakang berbagai Organisasi Masyarakat (Ormas), Organisasi Sosial (Orsos), dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang belum terdaftar, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Gorontalo terus melakukan silent operasi.

Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Gorontalo, Heri Pateda menjelaskan, hal itu dilakukan mengingat masih ada sejumlah Ormas, Orsos, dan LSM yang belum terdaftar di instansinya, juga untuk memenuhi harapan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo untuk mengevaluasi kelompok – kelompok tersebut.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Sukseskan Pemilu 2019, Kesbangpol Rangkul Ormas Dan Mahasiswa

“Saat ini kami sementara melakukan silent operasi untuk hal itu. Kami sedang mendata semua Ormas, Orsos, hingga LSM yang ada di Kabupaten Gorontalo,” beber Heri saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/11/2019).

Ia pun mengungkapkan, hingga saat ini masih banyak Ormas, Orsos, dan LSM yang belum memiliki latar belakang yang jelas, serta tidak memiliki dasar dalam melakukan aktifitasnya. Bahkan, terkadang ada LSM pendidikan yang mengkritik soal lingkungan, atau sebaliknya.

Baca juga: Ini Cara Kesbangpol Gorontalo Sambut HUT RI Ke 74

“Beberapa hasil operasi ini sudah ada, tapi nantinya hasil ini akan disampaikan kepada pimpinan OPD, agar latar belakang Ormas, Orsos, atau LSM ini akan disesuaikan dengan OPD yang ada. Sebab, kelompok itu juga membutuhkan jalurnya agar aspirasi yang disampaikan tepat sasaran,” ujar Heri.

“Ini juga dalam rangka menertibkan kelompok masyarakat atau LSM yang ada. Sebab hari ini ketika sudah berkumpul, sembarang main menamakan diri, asal comot nama singkatan, namun tidak jelas,” lanjut Heri.

Baca juga: Berdayakan Partisipasi FKDM, Kesbangpol Mantapkan Kesiapan Pemilu 2019

Di akhir wawancara, Heri membeberkan bahwa hingga kini pihaknya masih terus melakukan evaluasi dan penilaian sejumlah kelompok tadi dengan berdasar pada program implementasi Sistem Informasi Manajemen Inovasi Strategis Organisasi Masyarakat (SIMITRA OK) yang digagas oleh Lasubid Ormas, Rilly Gobel.

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait