Ketua Dekranasda Trenggalek Beri Pelatihan Untuk Pelaku UKM

60DTK, Trenggalek – Ketua Tim Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochamad, merasa terpanggil untuk ikut melakukan penguatan bagi para pelaku UKM, khususnya memberikan pelatihan agar para pelaku UKM ini mampu beradaptasi di tengah terpaan pandemi Covid-19.

Untuk memperkuat para pelaku UKM ini, Dekranasda Kabupaten Trenggalek bekerja sama dengan Komindag Trenggalek pun menghadirkan beberapa narasumber berkompeten dalam kegiatan ini.

Baca juga: Sekda Trenggalek Imbau ASN Untuk Disiplin Bekerja

“Pandemi seperti ini menuntut kita untuk belajar ulang tentang kehidupan di sekitar kita, karena banyak kebiasan atau gaya hidup baru yang masyarakat lakukan di era ini. Setelah kita mengamati, selanjutnya kita perlu beradaptasi dengan life style baru tersebut,” tutur Novita kepada para pelaku UKM.

“Pelaku UKM harus bisa beradaptasi dan menyesuaikan barang dan jasa yang diproduksi dengan gaya hidup baru masyarakat agar bisa survive di tengah pandemi,” tekannya.

Baca juga: TP PKK Trenggalek Ingatkan Masyarakat Pentingnya Optimisme Di Tengah Pandemi

Selain beradaptasi, Ia juga mengatakan tentang pentingnya UMKM merambah pasar online untuk meningkatkan traffic penjualan mereka.

“Perkembangan teknologi perlu kita manfaatkan dengan baik. Pelaku UKM harus melek tekhnologi,” tegasnya.

Baca juga: Forkompimda Trenggalek Resmikan 2 Ponpes Tangguh Di Gandusari

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Komindag) Kabupaten Trenggalek, Agus Setyono mengatakan bahwa Ia mendukung upaya yang dilakukan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Trenggalek ini.

“Penguatan pelaku UKM cukup penting untuk bisa mendorong pelaku usaha mikro ini bisa beradaptasi di tengah terpaan ekonomi di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya. (adv)

 

Pewarta: Hardi Rangga