Pariwisata Spanyol akan Dibuka Kembali Bulan Juli

60DTK, Internasional – Spanyol akan membuka kembali perbatasannya untuk turis pada bulan Juli dan divisi sepak bola papan atasnya akan dimulai lagi pada bulan Juni, Perdana Menteri Pedro Sanchez mengatakan pada hari Sabtu (23/05/2020).

Hal tersebut menandai pelonggaran lockdown di negara tersebut. Pengumuman Pedro Sanchez itu dilakukan bertepatan dengan seruan agar dirinya mengundurkan diri karena kebijakan lockdown mempengaruhi sektor ekonomi.

“Mulai Juli, pariwisata asing akan kembali dalam kondisi aman. Kami akan menjamin para wisatawan tidak akan mengambil risiko apa pun dan tidak akan membawa risiko apa pun kepada kami,” ujar Sanchez pada konferensi pers yang disiarkan televisi.

Turis asing menyumbang sekitar seperdelapan perekonomian Spanyol. Kebijakan lockdown mengakibatkan seluruh kegiatan ekonomi, mulai dari hotel, bar dan restoran hingga pantai dan taman rekreasi ditutup ketika musim pariwisata sedang berlangsung.

Hampir sejuta pekerjaan hilang pada bulan Maret ketika penguncian dimulai.

Sanchez juga mengatakan pemintal uang nasional lainnya, sepakbola papan atas La Liga, akan dilanjutkan pada 8 Juni dengan pertandingan yang dimainkan di stadion kosong. (ksm/rls)

Sumber: VOA Indonesia