PCNU dan Kemenag Ponorogo Akan Gelar Rukyatul Hilal Hari Ini

60DTK-Ponorogo: Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Mlarak, Ponorogo, akan menggelar rukyatul hilal (melihat bulan untuk menentukan awal Ramadan), bersama Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo.

Kegiatan ini akan digelar di lantai 3 gedung AL-Islam Joresan, Kecamatan Mlarak, pada Kamis, 23 April 2020 sore ini. Meski begitu, berdasarkan maklumat Kapolri, peserta rukyatul hilal kali ini akan dibatasi, demi mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: 2 Pengusaha Ini Salurkan 400 Paket Sembako Lewat Polres Ponorogo

“Peserta rukyatul hilal dari lajnah NU Ponorogo hanya dua orang saja, ditambah perwakilan dari kantor Kemenag Kabupaten Ponorogo,” ungkap Ketua Lajnah NU cabang Ponorogo, Umar Salim.

Selain itu, Ia mengaku rukyatul hilal awal Ramadan tahun ini juga kemungkinan besar hanya akan dilakukan di satu tempat saja, tidak seperti tahun sebelumnya yang dilakukan di beberapa tempat. Sementara rukyatul hilal yang biasanya juga digelar di IAIN Ponorogo, tahun ini tidak digelar karena kegiatan kampus secara tatap muka sedang dihentikan sementara.

Baca juga: Operasi Gabungan Di Ponorogo Sisir Warung Yang Masih Buka Hingga Larut Malam

“Hasil dari rukyatul hilal ini lah yang akan menjadi dasar pedoman NU untuk menentukan kapan awal Ramadan 1441 H, yang akan ditentukan oleh pemerintah melalui sidang isbat pada hari Kamis ini,” tutup Umar.

 

Pewarta: Sutrisno