Pemda Gorontalo Utara Dapat Pinjaman PEN 400 Miliar

Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Ridwan Yasin (Foto: Usman/60dtk)

60DTK, Gorontalo Utara – Akibat dari penyebaran pandemic Covid-19, semua sektor merasakan dampak negatifnya. Mulai dari pendidikan, hingga pada perputaran ekonominya.

Saat ini, pemerintah telah menetapkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dengan berbagai macam kebijakan yang tujuannya untuk dapat mengembalikan kondisi ekonomi menjadi seperti semula.

Baca Juga: Gorontalo Utara Targetkan Tahun Depan Seluruh Desa Terapkan SID

Terkait akan hal itu, Sekretaris Daerah Ridwan Yasin membeberkan, bahwa Pemerintah Daerah Gorontalo Utara telah mendapatkan jatah pinjaman sebesar 400 miliyar, khusus untuk mengembalikan kondisi ekonomi yang sampai saat ini sangat dirasakan oleh masyarakat.

“Kami informasikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, mendapat pinjaman Penanggulangan Ekonomi Nasional (PEN), sejumlah 400 Miliyar,” beber Ridwan dalam sambutannya pada pelantikan Pimpinan dan Pengurus Saka Bakti Husada Kabupaten Gorontalo Utara, bertempat di New Rahmat Hotel, Kota Gorontalo, Senin (07/09/2020).

Selain itu, pinjaman yang diberikan oleh Pemerintah Pusat ini, tidak memiliki bunga. Dan juga, untuk anggaran pemerintah yang tiap tahun dianggarkan itu, malah akan bertambah. Sehingga, pemerintah tidak akan lebih memiliki banyak dana untuk mengembalikan kondisi ekonomi yang ada.

Baca Juga: Indra Yasin: Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Segera Ikut JOB FIT

“Jadi tidak ada bunganya, jadi dikembalikan dalam waktu 10 Tahun. Dan langsung di potong pada dana  DAU. Sehingga anggaran kita yang setiap tahun naik 10 persen. Maka dapat dipastikan lebih kurang 900 Miliyar  Tahun depan APBD kita, semata – mata untuk menunjang, kegiatan – kegiatan lain selain Penanggulangan Ekonomi Nasional,” jelasnya.

Kepada para pengurus yang baru saja dilantik, Ridwan minta untuk tidak merasa ragu, bahwa mereka tidak akan mendapatkan bantuan anggaran untuk dapat melakukan berbagai macam kegiatan, khususnya di bidang kesehatan.

“Sehingga para pengurus yang baru saja dilantik ini, jangan ragu – ragu. Nanti akan mendapatkan anggaran dalam melaksanakan kegiatan khususnya di  bidang kesehatan,”tegas Ketua Kwarcab Gorut. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai