Pemda Gorut Susun Cara Cegah dan Tangani Penyakit TBC

60DTK, Kota Gorontalo – Penyakit TBC (Tuberkulosis) atau dikenal dengan TB, merupakan satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat. mengapa tidak, penyakit ini bisa menyebar melalui udara dan bahkan jikalau terjangkit, penyakit ini bisa menyerang paru – paru manusia.

Khusus Di Gorontalo Utara (Gorut) sendiri, Pemerintah Daerah sedang berupaya untuk mencarikan solusi dalam mencegah terjadinya penyebaran penyakit TBC, yang dimana pemerintah daerah telah melakukan kerja sama dengan Universitas Negeri Gorontalo terkait dengan hal tersebut.

Pemda Gorut Susun Cara Cegah dan Tangani Penyakit TBC
Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin Memberikan Sambutan pada Seminar Pendahuluan Kajian Lingkungan Tempat Tinggal dan Perilaku Penderita Tuberkulosis Paru Pada Masyarakat Pesisir di Gorontalo Utara, bertempat di Manna Bakery And Caffe, Kota Gorontalo, Senin (07/06/2021). Foto: Humas Gorut

“Untuk penyakit ini, dia bertahun – tahun, dan membutuhkan perhatian khusus untuk pengobatannya, sebab itu pemerintah daerah melakukan kerja sama dengan Universitas Negeri Gorontalo, untuk mencarikan solusi, agar bagaimana lingkungan yang di tempati oleh masyarakat kita, terutama di daerah pesisir,” ungkap Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat diwawancarai, usai membuka Seminar Pendahuluan Kajian Lingkungan Tempat Tinggal dan Perilaku Penderita Tuberkulosis Paru Pada Masyarakat Pesisir di Gorontalo Utara, bertempat di Manna Bakery And Caffe, Kota Gorontalo, Senin (07/06/2021).

expo

Ia juga mengatakan, dari kerja sama ini, pemerintah ingin mengetahui langkah apa yang harus dilakukan dalam mengatasi atau mencegah terjadinya penularan penyakit TBC ini.

Baca Juga: Pemkab Gorontalo Utara Bangun Rumah Susun untuk Nakes di RSUD ZUS

“Saya ingin mendapatkan informasi apa saja penyebabnya, sesudah itu, langkah – langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah, dan kami berharap dari seminar ini asa rekomendasi dari peneliti kepada pemerintah daerah, sehingga pemerintah daerah bisa tau apa yang bisa dilakukan, sehingga penyakit ini bisa kita cegah di Gorontalo Utara,” jelasnya.

Di Gorontalo Utara sendiri, Sambung Indra, sudah ada dua penyakit yang berhasil di cegah dan disembuhkan oleh pemerintah daerah, diantaranya adalah Penyakit Malaria dan juga Kaki Gajah.

“Sebagai informasi, Di Gorontalo Utara sudah ada dua penyakit yang sudah kita tuntaskan, penyakit Malaria dan Kaki Gajah, dan saya ingin penyakit TB juga begitu, kita harus tuntaskan, agar sudah tidak ada lagi penyakit TB menyerang masyarakat Gorontalo Utara,” tegas Indra Yasin. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles