Pemkab Bonebol Terus Perhatikan Peningkatan dan Kesejahteraan Petani

  • Whatsapp
Asisten 1 Taufik Sidiki didampingi Kepala DPP Bone Bolango Roswaty Agus, Camat Bulango Timur Erwin Ilahude, dan Danramil Tapa Pelda Jony Bernad Sini, saat melakukan penanaman padi dengan teknologi menanam tanpa semai, di salah satu lahan petani sawah di Kecamatan Bulango Timur, Jum'at (16/11/2018). (F.AKP).

60DTK – BONEBOL : Pemerintah Bonebol melalui Dinas Pertanian dan Peternakan selalu berupaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan petani. Hal ini ungkapkan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Bonebol Taufik Sidiki. Hal ini dibuktikan dengan adanya terobosan teknologi penanaman tanpa semai (Mantap’s).

“Tentunya implementasi dari penerapan teknologi ini, bagaimana para petani bisa sejahtera melalui peningkatan produksi beras,” ungkap Setda saat menghadiri penerapan teknologi menanam tanpa semai di salah satu lahan sawah petani, di kecamatan Bulango Timur, Jum’at (16/11/2018).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bonebol Roswaty Agus menerangkan, dalam penanaman padi tanpa semai ini membawa beberapa keunggulan bagi para petani, diantaranya menghemat waktu, petani akan memilih varietas padi yang jangka waktu penanamannya dan juga panennya agak cepat.

“Jadi dengan teknologi Mantap’s, para petani tidak perlu lagi melakukan persemaian yang terkadang memakan waktu 15 hingga 20 hari,” terang Roswaty

Lebih jelas, Roswaty menambahkan, bahwa teknologi menanam tanpa semai merupakan salah satu teknologi budidaya padi yang dapat diupayakan untuk meningkatkan percapatan luas tambah tanam (LTT). Karena teknologi ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain memperpendek periode produksi padi, sehingga meningkatkan indeks pertanaman dan mengurangi biaya tenaga kerja untuk tanam. (rls/mp).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan