PMI Ponorogo Terima Banyak Pendonor Meski Tak Rayakan Hari Palang Merah

60DTK, Ponorogo – Tak seperti biasanya, peringatan Hari Palang Merah Sedunia di Kantor PMI Cabang Ponorogo terlihat sepi. Padahal di tahun – tahun sebelumnya, setiap tanggal 8 Mei selalu ada upacara bersama antara pegawai Kantor PMI Cabang Ponorogo dengan Palang Merah Remaja (PMR), Korps Sukarela, dan para sukarelawan.

Kepala Bagian Unit Donor Darah (UDD) PMI Ponorogo, Sunarmi menuturkan, hal ini dikarenakan oleh Covid-19 yang kian merebak, dan perlu untuk diwaspadai. Meski begitu, Ia mengaku pendonor di bulan Ramadan kali ini masih terhitung cukup banyak.

Baca juga: Sepi Penumpang Karena Corona, Damri AKAP Ponorogo Berhenti Beroperasi

“Memang tak ada perayaan, namun pendonor di bulan Ramadan ini cukup banyak. Apalagi setelah buka puasa, ramai sekali masyarakat yang datang untuk donor darah,” ujar Sunarmi.

Ia mengaku, meski tak ada perayaan, namun UDD Ponorogo tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan, di bulan Ramadan ini pelayanan buka hingga pukul 22.00 WIB, mengingat kebanyakan masyarakat baru datang untuk berdonor setelah buka puasa.

Baca juga: Pemudik Di Ponorogo Kini Sudah Lebih Dari 15 Ribu Orang

“Meskipun ada beberapa juga di siang hari. Sehingga mau tidak mau, kami tetap melayani meskipun jam kerja bertambah,” tuturnya.

Selain itu, Ia mengaku pihaknya juga sudah menyediakan kegiatan donor darah di luar Kantor PMI, di mana petugas PMI-lah yang mendatangi lokasi kelompok – kelompok pendonor, sesuai jadwal yang diajukan.

Baca juga: 16.327 Warga Ponorogo Akan Terima BLT Dari Pemerintah

“Jadi kini selain melayani donor darah di kantor PMI, kami juga sudah bisa datang ke tempat kelompok pendonor. Namun, dalam pelaksanaannya kami tetap menggunakan protokol kesehatan dari pemerintah untuk memutus penyebaran virus corona,” lanjut Sunarmi.

Sebagai informasi, stok darah yang ada di UDD Ponorogo per Jumat, 8 Mei 2020 adalah: golongan darah A sebanyak 104 kantong; B sebanyak 137 kantong; O sebanyak 141 kantong; dan AB sebanyak 36 kantong.

 

Pewarta: Ika Luciana Marwati

Comments are closed.