Polres dan Tim Gabungan Kabupaten Trenggalek Bubarkan Masyarakat di Tempat – Tempat Keramaian

60DTK-Trenggalek: Polres Kabupaten Trenggalek, bersama personel TNI, Satpol PP, Dishub, hingga Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, menggelar patroli gabungan ke tempat – tempat keramaian, dan membubarkan masyarakat yang terlihat sedang berkumpul atau nongkrong dalam jumlah besar, Selasa (24/03/2020).

Secara detail, patroli yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kabupaten Trenggalek, Jean Calvijn Simanjuntak tersebut menyasar beberapa warung kopi, kafe, warung makan, dan beberapa tempat hiburan lainnya.

Baca juga: Satgas Gabungan Covid-19 Kabupaten Trenggalek Tertibkan Kerumunan Massa 

“Kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian pencegahan yang kita gelar sebelumnya. Kita gugah kesadaran masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemerintah, utamanya terkait dengan social distancing dan physical distancing untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” ungkap Kapolres Kabupaten Trenggalek, Jean Calvijn Simanjuntak.

Selain itu, dalam patroli skala besar tersebut juga turut dilakukan penyemprotan disinfektan, serta pemasangan Maklumat Kapolri di setiap lokasi yang dikunjungi.

Baca juga: Sudah Ada 740 Orang Dalam Risiko Covid-19 Di Kabupaten Trenggalek

“Kami berharap kerja sama dan pengertian dari masyarakat untuk tetap tinggal dan tidak keluar rumah jika benar – benar tidak diperlukan. Taati dan patuhi apa yang telah menjadi garis kebijakan pemerintah dalam menangkal pandemi corona ini,” tegas Jean.

Lebih lanjut Jean juga menegaskan, patroli seperti itu akan dilakukan setiap hari, sebagai langkah konkrit dalam mencegah penyebaran Covid-19. Ia mengaku, dalam prosesnya, petugas akan senantiasa mengedepankan pola preventif, edukatif, dan humanis. Meski begitu, Jika diperlukan pihaknya juga bisa mengambil sikap tegas demi melindungi kepentingan masyarakat yang lebih besar.

Baca juga: BPBD Kabupaten Trenggalek Segera Buat Posko Di Perbatasan Untuk Screening Corona

“Kepada masyarakat, kami minta untuk tetap tenang. Jangan panik. Patuhi dan jalankan apa yang menjadi kebijakan pemerintah dengan tetap tinggal di rumah. Terapkan social distancing dan physical distancing dari lingkungan terdekat yakni keluarga. Jangan lupa cuci tangan dan tetap jaga kesehatan,” pungkas Jean mantap.

 

Pewarta: Herdi Rangga

Comments are closed.