Ponorogo Mulai Uji Coba New Normal

  • Whatsapp
Tanda Tangan
Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, Mendatangani Naskah Launching Uji Coba New Normal di beberapa tempat di Kabupaten Ponorogo. (Foto: Luciana 60DTK)

60DTK, Ponorogo – Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, melaunching  uji coba New Normal  di Kabupaten Ponorogo. Launching uji coba New Normal dimulai dengan peninjauan langsung di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Ponorogo, Selasa (02/06/2020).

New Normal itu menurut saya, pasti akan diberlakukan di Indonesia. Hanya soal waktu saja. Sekarang kan Pemerintah Pusat sudah menetapkan berapa puluh kabupaten/kota di Indonesia untuk melaksanakan new normal. Ponorogo tidak termasuk. Tapi saya merasa  sebagai antisipasi dan kesiapan, maka kita perlu melakukan uji coba di beberapa titik yang berbeda jenisnya. Jadi ini masih uji coba belum menetapkan sebagai new normal,”ujar Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: 4 Pasien Positif Covid-19 Di Ponorogo Sembuh Menjelang New Normal

Uji coba New Normal dilaksanakan di beberapa dinas, seperti Dinas Dukcapil, Penanaman Modal dan kecamatan kota. Kemudian di Pasar Modern seperti Pasar Legi, Ponorogo Permai (Poper) dan Ponorogo City Center (PCC). Selain itu di Jalan Jendral Sudirman, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Hos Cokroaminoto dan Jalan Suromenggolo. Terakhir destinasi wisata yang menjadi uji coba New Normal adalah wisata Telaga Ngebel.

Peninjauan
Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, Meninjau Langsung Destinasi Wisata Telaga Ngebel. Salah Satu Lokasi Uji Coba Diterapkan New Normal. (Foto: Luciana 60DTK)

Uji coba ini dilakukan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Yaitu sering cuci tangan, memakai masker dan jaga jarak. Karena kalau sekarang tidak dilakukan uji coba maka tiga hal tersebut tidak memiliki payung hukum. Sehingga sebagai upaya untuk memberikan payung hukum agar pelaksanaan disiplin protokol kesehatan itu dilaksanakan. Jika tidak dilaksanakan, maka akan ada tindakan pendisiplinan.

“Apabila uji coba ini berhasil , tidak menutup kemungikinan akan diberlakukan uji coba ditempat yang lain,” tambah Bupati Ipong.

Baca Juga: Kepala BPS Ponorogo: Akibat Covid, Tata Cara Pelaksanaan Sensus Penduduk Berubah

Indikator keberhasilan uji coba new normal ini ditandai dengan tidak adanya penambahan covid-19 di tempat yang menjadi uji coba new normal tersebut.

New Normal adalah mengajak masyarakat untuk hidup normal namun dengan kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kebiasaan tersebut adalah mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan jaga jarak (physical distancing),” jelas Bupati Ipong.

 

Pewarta: Ika Luciana Marwati

Pos terkait