Ridwan Yasin Ikut Rapat Virtual Bersama Wapres, Ini Hasilnya

60DTK, Gorontalo Utara – Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin mengatakan, saat ini Pemerintah Pusat sementara mempersiapkan Penyederhanaan Reformasi Birokrasi yang ada di Seluruh Daerah. Menteri Dalam Negeri melakukan penataan sistem manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara.

“Untuk menata sistem manajemen SDM ASN itu, ada enam strategi yang dikenal dengan human capital management strategi,” ucap Ridwan Yasin usai rapat virtual tentang penyederhanaan reformasi birokrasi bersama Wakil Presiden dan seluruh Sekda Se-Kabupaten/Kota, Selasa (11/08/2020).

Rapat Virtual Ridwan Yasin
Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin Saat Mengikuti Rapat Secara Virtual Bersama Wakil Presiden RI, Terkait Penyederhanaan Reformasi Birokrasi. (Foto: Usman60DTK)

 

Baca Juga: Ridwan Yasin Ajak Seluruh Pimpinan Partai Untuk Bekerjasama Bangun Daerah

Poin pertama kata Ridwan, dari sisi perencanaan. Aparatur Sipil Negara diarahkan pada Pembangunan Nasional.

“Kemudian Rekrutmen. Kita ketahui bersama saat ini rekrutmen itu sudah di perketat. Kemudian pengembangan Kompetensi. ASN harus dilakukan pengembangan kompetensi dengan standar kompetensi jabatan kebijakan diklat,” jelas Ridwan.

Ridwan juga menegaskan, tidak hanya kinerja para Aparatur Sipil Negara yang dinilai, termasuk juga perilaku mereka selama melakukan tugas dan tanggung jawabnya.

Baca Juga: PLTU Kembali Buat Ulah, Thariq Modanggu Kesal

“Artinya keseluruhan, tidak hanya dia bekerja, tapi sikap dia sehari – hari sopan santun dan lain – lain itu juga termasuk. Nah kemudian pengembangan karir. Jadi pengembangan karir ini tidak bisa lagi menggunakan, misalnya ASN itu hanya karena kedekatan, kita dekat, kita keluarga,” tambahnya.

Ke depan, ASN benar-benar berbasis kinerja. Kata Sekda basis kinerja ini juga ditopang dengan peningkatan kesejahteraan. Menurutnya, dengan penyederhanaan jabatan ini, ASN yang sudah berkarir puluhan tahun, tidak dirugikan. (adv)

 

 

 

Pewarta: Usman Dai