Ridwan Yasin: Perubahan SIPD Membuat Kinerja OPD maksimal

Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Ridwan Yasin Diwawancarai Awak Media, di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Senin (26/10/2020). Foto: Arif Humas

60DTK, Kota Gorontalo – Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Ridwan Yasin menegaskan, perubahan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang baru, membuat kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maksimal, terutama pada proses pengelolaan keuangan daerah.

“Satu hal yang menarik, hampir setiap dua bulan berganti aturannya. Dan ketika daerah – daerah sudah melakukan penyusunan anggaran 2021, maka mereka harus menyesuaikan dengan regulasi yang baru. tentu, mencermati perkembangan yang ada ini, OPD – OPD dan daerah – daerah khususnya,” kata Ridwan saat menutup sinkronisasi serta Integrasi perencanaan dan keuangan Ke sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) tingkat Kabupaten Gorontalo Utara, di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Senin (26/10/2020).

Baca Juga: Thariq Modanggu Silaturahmi Dengan Komandan Kompi A 713

Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang baru ini juga, kata Ridwan, semua mekanismenya sudah disebarkan di seluruh Indonesia melalui admin. Lebih lagi, masing – masing pemegang admin, baik dari perencanaan sampai keuangan, akan dikontrol langsung oleh pemegang admin daerah.

“Di daerah itu, ada yang namanya admin daerah. Kemudian ada admin perencanaan, kemudian ada admin keuangan. Admin daerah ini, yang melekat pada jabatan Sekretaris Daerah, nantinya akan mengatur seluruh admin – admin termasuk user, sampai ke tingkat OPD. Dengan artian, ketika admin daerah melakukan sesuatu yang mengatur ke bawah, maka itu harus diikuti,” sambung Ridwan.

Baca Juga: Cegah Erosi, Pemda Gorut Maksimalkan Hutan Tanaman Industri

Panglima ASN itu membeberkan bahwa pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) juga memiliki password dari setiap admin. Dengan tujuan, agar mereka bisa mengecek langsung segala aktivitas dan perubahan yang dilakukan oleh aparat pemerintah daerah.

“Termasuk, DPRD juga akan memiliki passwordnya dan dapat mengamati setiap perubahan – perubahan yang timbul di tingkat OPD. Dan perubahan – perubahan itu, tentunya melalui kendali admin daerah dan kendali itu sudah dilakukan sesuai regulasi yang ada,” tutur Ridwan. (adv)

 

 

Pewarta: Usman Dai