2020 Ini, 5.446 Rumah di Provinsi Gorontalo Akan Dialiri Listrik

60DTK-Gorontalo: Sebanyak 5.446 rumah di Provinsi Gorontalo akan dialiri listrik di tahun 2020 ini. Dari total 6.000 rumah, jumlah ini hanya menyisakan 554 rumah yang masih menunggu pembukaan layanan diskon biaya penyambungan dari Perusahan Listrik Negara (PLN) pusat.

Adapun pengaliran listrik melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) tersebut difokuskan untuk masyarakat kurang mampu yang terdaftar dalam data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Provinsi Gorontalo.

Baca juga: Gubernur Targetkan Pemasangan 6 Ribu Instalasi Listrik Baru Tahun Ini

“Sudah kami konsultasikan dengan CSR kami di pusat per tanggal 1 januari 2020. Kami juga sudah keluarkan surat permintaan agar PLN pusat membuka diskon untuk pembayaran biaya penyambungan. Diskonnya sebesar 50 persen. Kalau tidak, kami bisa tombok hingga Rp127 juta. Nanti kalau sudah dibuka langsung kami daftarkan sisanya ini,” ungkap Manajer PLN area Gorontalo, Supriyadi, pada rapat bersama Gubernur Gorontalo, di Aula Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (14/01/2020).

Lebih lanjut Supriyadi mengungkapkan, saat ini seluruh personel telah dikerahkan untuk pemasangan instalasi listrik bagi 554 rumah yang tersisa. Tidak menutup kemungkinan, dari total 6000 rumah, seluruhnya akan sudah dialiri listrik pada tahun ini.

Baca juga: PLN Gorontalo Siapkan 6 Ribu Pemasangan Untuk Warga Miskin

Di tempat yang sama, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie juga mengharapkan informasi ini bisa sampai ke masyarakat. Ia mengimbau pihak PLN Gorontalo bisa menyampaikan seluruh program dan pencapaiannya lewat media, baik media cetak maupun elektronik.

“Tolong jajaran PLN Gorontalo bisa menyampaikan seluruh informasi ini kepada masyarakat. Gunakan semua media yang ada. Supaya tidak ada lagi keresahan di tengah – tengah masyarakat terkait pemasangan listrik ini,” harap Rusli.

Baca juga: PLN Masuk Pinogu, Akhirnya Sumber Listrik So Dekat

Selain pemasangan listrik bagi 6000 rumah melalui dana CSR, ada juga pemasangan listrik desa (Lisdes) yang tersebar di 25 dusun. Selain itu, anak perusahaan PLN, PT. Indonesia Comnets Plus (PT. ICON+) juga akan melakukan pemasangan listrik untuk 450 rumah. (adv)

 

Penulis: Leo Pateda