3 Kriteria Calon Kades yang Baik Menurut Nelson

60DTK-Kab. Gorontalo: Serentak pada tanggal 26 Oktober 2019 nanti, sebanyak 76 desa di Kabupaten Gorontalo akan melakukan pemilihan kepala desa. Sebagai orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo, Bupati Nelson punya kriteria tersendiri untuk calon kepala desa yang baik.

BACA JUGA: Masih Gunakan Motor Dinas, Ini Alasan Mantan Kepala Desa Pentadio Barat

Pertama, calon kepala desa harus baik. Masyarakat harus melihat track record (rekam jejak) dan prestasi dari para calon kepala desa yang ada di desa masing-masing.

Kedua, calon kepala desa adalah orang yang benar. Maksudnya adalah calon yang mempunyai kapasitas. Dan kapasitas bisa dinilai saat dia berdebat dengan calon Kades lainnya nanti.

expo

Ketiga, calon kepala desa harus mempunyai motivasi dan semangat dalam membangun daerah. Masyarakat harus bisa memastikan jika calon tidak hanya semangat karena adanya anggaran dana desa yang cukup besar.

BACA JUGA: Kepala Desa Buka Suara Terkait Masalah Masyarakat Dengan PT.PG Gorontalo

“Saya selalu mengatakan tiga kriteria seorang pemimpin, dan tiga hal tadi yang harus dilihat,” ujar Bupati Nelson usai memimpin rapat koordinasi Pimpinan Kecamatan (PIKA) di Ruang Madani, Kamis (03/10).

Untuk itu Ia berharap, para calon yang ada dapat mengikuti seluruh tahapan seleksi yang ada. Mulai dari seleksi administrasi, rekam jejak, hingga rekomendasi inspektorat khusus calon petahana. (adv)


Penulis: Andrianto Sanga

Editor: Kasim Amir

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles