Begini Cara Kota Blitar Syukuri Hasil Panen

60DTK, Blitar – Wali Kota Blitar Santoso menghadiri acara bersih desa yang diselenggarakan oleh gabungan kelompok tani (Gapokta) Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo, di balai kelurahan pada Jumat (10/7/2020).

Usai acara, kepada wartawan, Santoso mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas rejeki berupa hasil panen yang melimpah ruah, sehingga keluarga para petani yang ada di Kelurahan Blitar ini menjadi sejahtera.

Baca Juga: Hari Bhayangkara Ke-74, Wali Kota Santoso Tetap Jaga Sinergritas TNI-Polri

Selain itu, kata Santoso, acara bersih desa Kelurahan Blitar ini di kemas dengan acara selamatan dan do’a bersama supaya dijauhkan dari segala bentuk bencana dan diberikan kesehatan, keselamatan serta kesejahteraan warga Kelurahan Blitar pada umumnya.

expo

“Namun begitu, acara tersebut diselenggarakan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan. Walaupun acara diselenggarakan tidak mengikutsertakan banyak orang, acara ini tidak mengurangi makna yang terkandung di dalamnya,” ungkapnya.

Santoso juga membeberkan, acara yang diadakan satu tahun sekali ini juga dalam rangka menjaga kerukunan antar kelompok tani yang sudah bertahun-tahun tertata. Selain itu, juga sarana untuk saling tukar pikiran antar kelompok tani, sehingga hasil panen yang mereka inginkan bisa meningkat dengan bertambahnya ilmu dari kelompok tani lainnya.

Baca Juga: 10 Kali WTP, Wali Kota Blitar Ungkap Kuncinya

Sementara, terkait dengan peningkatan produktivitas hasil pertanian khususnya di wilayah Kota Blitar, kata dia, dengan menciptakan role model kemitraan yang berkelanjutan, maka diharapkan petani bisa terbantu. Tidak itu saja, Pemkot Blitar melalui Dinas Pertanian juga memberikan bantuan-bantuan berupa benih dan obat-obatan.

“Khusus potensi tanaman jagung, Pemkot Blitar telah memfasilitasi antara Gakpotan dengan pihak PT untuk meningkatkan produktivitas jagung. Dimana dalam kerjasama itu sendiri, pihak PT mulai benih sampai hasil panen semua ditanggung PT. Hal ini juga dalam rangka meningkatkan produktivitas dan menyejahterakan kehidupan para petani,” pungkas Wali Kota Blitar. (adv/hms)

 

 

Pewarta: Achmad Zunaidi

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles