Kuatkan Ekonomi UMKM, Santoso: Manfaatkan Teknologi Informasi

60DTK, Blitar – Wali Kota Blitar, Santoso minta, perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Blitar menguat meskipun wabah virus korona atau Covid-19 masih berlangsung.

Harapan orang nomor satu di Kota Blitar ini terucap di saat membukaan Wisata Kuliner Produk Pelaku Usaha Mikro, atau Galeri Usaha Mikro di Dinas Koperasi dan UKM Pemerintah Kota Blitar, Senin (21/09/2020).

Santoso juga berharap, optimisme pelaku-pelaku usaha mikro di Kota Blitar mampu memperkuat ekonomi di tengah pandemi Covid-19, dengan jalan salah satunya bisa memanfaatkan teknologi informasi.

Baca Juga: Koi Show Wali Kota Cup, Cara Jitu Pemkot Blitar Giatkan Ekonomi

“Dengan menfaatankan teknologi informasi, varian kuliner, produksi pelaku usaha mikro dapat dipasarkan melalui teknologi tersebut. Selain itu jangkuannya luas, kesempatan untuk berkembang pun berpotensi,” tandas Santoso.

Secara terpisah Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemkot Blitar Sad Sasmintarti menambahkan, demi mendukung usaha para pelaku Usaha Mikro (UM), pihaknya telah menyediakan Galeri Usaha Mikro untuk kegiatan usaha aneka olahan kuliner.

Baca Juga: Tak Ingin Pilkada Jadi Kluster Baru, Kapolres Blitar Kota Kunjungi Timses

Adapun, fasilitas Galeri Usaha Mikro itu, kata dia, melayani Take Away kepada Custemer, sebagai dampak dijalankannya Protokol Kesehatan.

“Sementara pembeli tidak bisa menikmatikuliner di Galeri Usaha Mikro. Bagaimana solusi pihak terkait?! Take away kita berlakukan, karena tentunya harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat saat ini,” urainya.

“Secara bertahap, nantinya pelaku-pelaku usaha mikro kota blitar ini akan kita akomodir. Alhamdulillah, masyarakat menyambut baik dan ke depan akan terus kita lakukan pembinaan-pembinaan. (adv/hms)

 

 

Pewarta: Achmad Zunaidi