Dinilai Berhasil tangani Covid-19, Wali Kota Blitar dapat Apresiasi dari DPRD Jatim

60DTK, Blitar – Guna monitoring Pencegahan dan Penanggulangan Pandemi Covid-19 di Kota Blitar, rombongan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja di Kota Blitar pada Sabtu (15/8/2020).

Rombongan yang dipimpin langsung Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur Wara Sundari yang juga membidangi Kesejahteraan Rakyat. Rombongan diterima Wali Kota Blitar, Santoso, beserta Sekda Kota Blitar, Rudy Widjanarko, di Ruang Sasana Praja Balaikota Blitar.

Dalam agenda monitoring tersebut, rombongan tampak antusias mendengarkan pemaparan dari Sekda Kota Blitar, Rudy yang memberikan pemaparan terkait program penanganan Covid-19 yang telah dijalankan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar.

Baca Juga: Santoso Dan Forkompinda Kota Blitar Ikut Dengarkan Pidato Kenegaraan

Utamanya, kata Rudy, berkaitan dengan program pencegahan yang diselaraskan dengan program pertumbuhan ekonomi rakyat, Kota Blitar masih bisa bertahan pada semester pertama 2020.

“Terkait penanganan Covid-19 kita laporkan secara terpadu. Mulai klasifikasi kluster hingga keterkaitan dengan laju pertumbuhan ekonomi Kota Blitar,” ujar Rudy pada paparanya.

Lalu, Sekda Kota Blitar itu menjelaskan bahwa ada penurunan yang cukup signifikan terkait pencegahan penanganan Penyebaran Covid-19 di daerahnya bila dibandingkan dengan daerah lain yang memiliki kluster lebih banyak.

“Karena Kota Blitar dinilai mampu langsung melakukan evaluasi pada setiap laporan kluster yang terjadi,” jelas dia.

Baca Juga: Sambut Tatanan Kehidupan Baru, Pemkot Blitar Gelar Gerakan Memakai Masker

Kemudian dari hasil apa yang telah dipaparkan Sekda Kota Blitar itu, Wara Sundari, memberikan apresiasi positif kepada Pemkot Blitar terkait kinerja masalah penanganan penyebaran Covid-19 yang telah rapi, bagus, sehingga tidak sampai masuk zona merah.

“Meski kami sedikit terkejut dengan laporan yang menyebutkan salah satu kluster malah terjadi dari praktek dokter. Namun secara umum kita menilai pemerintah Kota Blitar cukup baik dalam menangani pandemi covid-19 dengan terpadu,” ungkapnya kepada 60DTK usai acara.

Baca Juga: Dinas P3AP2KB Kota Blitar Gelar Pelayanan KB Khusus Pria

Selanjutnya, apreasi itu disambut baik oleh Walikota Blitar Santoso. Selaku tuan rumah, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas apresiasi dari Komisi E DPRD Jawa Timur yang telah berkenan menyempatkan diri untuk melakukan monitoring di Bumi Bung Karno.

“Saya ucapkan terimakasih atas kunjungan dan masukanya,” kata Santoso.

Sebagai tanda ucapan terima kasih atas masukan serta dukungan yang telah diberikan kepada Pemkot Blitar dalam program penanggulangan covid-19, Walikota Blitar menyerahkan cindera mata secara simbolis kepada anggota DPRD Provinsi Jawa Timur. (adv/hms)

 

 

 

Pewarta: Achmad Zunaidi