BP-1305 dan DKR Pramuka Gandusari Semprot Disinfektan di Jalan Protokol Gandusari

60DTK, Kabupaten Blitar – Sebagai unit Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Blitar dalam penanggulangan bencana, Brigade Penolong 1305 (BP-1305), turut serta dalam usaha memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Blitar.

Aksi kolaborasi bersama Dewan Kerja Ranting (DKR) Pramuka Penegak dan Pandega Kecamatan Gandusari ini, menyasar ratusan rumah dan puluhan fasilitas umum di Jalan Protokol sepanjang Gandusari wilayah Timur untuk disemprot dengan disinfektan, Senin (11/05/2020).

Baca juga: Bupati Blitar Salurkan BLT Ke 5 Desa

Kegiatan yang dilaksanakan mulai Desa Soso hingga Krisik ini, diawali apel yang diterima Ketua BP-1305, Opsi Subroto, dan perangkat desa setempat, Dwiono, di Kantor Desa Soso, Kecamatan Gandusari.

Dalam sambutanya, Dwiono menyampaikan bahwa Ia mengapresiasi Gerakan Pramuka Kabupaten Blitar yang telah berperan aktif melakukan pengabdian masyarakat.

Baca juga: 14.302 Ribu KPM Di Kabupaten Blitar Segera Terima BST Dari Kemensos

”Kegiatan ini selain menunjukan eksistensi, juga akan dirasakan langsung masyarakat. Oleh karena itu saya berharap penyemprotan ini dapat menyisir fasilitas umum dan rumah warga, serta area lain,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua BP-1305, Opsi Subroto menuturkan, sebenarnya kegiatan seperti itu telah dilakukan sebelumnya di wilayah Kecamatan Doko, Wlingi, dan akan terus dilakukan secara berkala dan masif di wilayah-wilayah lainnya.

Baca juga: Bupati Blitar Salurkan Bansos Untuk 3.000 Masyarakat Mulai Dari Kecamatan Wlingi

Menurutnya, anggota Pramuka yang ada di tingkat desa, bahkan RT/RW, merupakan potensi kuat dalam usaha mengakhiri pandemi Covid-19, karena selain bisa melakukan penyemprotan, mereka juga mampu memberikan sosialisasi terkait protokol kesehatan selama pandemi ini berlangsung.

“Untuk menunjang hal tersebut, masing-masing anggota yang bertugas dibekali masker untuk diberikan kepada masyarakat yang belum sadar akan pentingnya memakai masker untuk menghambat penularan virus,” ujar pria yang dikenal dengan sapaan Komandan BP Blitar ini.

Baca juga: Pemkab Blitar Pastikan Penyaluran Bansos Berikutnya Lebih Tepat Sasaran

Aksi ini pun mendapat respons positif dari masyarakat. Hal ini terlihat ketika warga memberikan berbagai hasil panennya kepada anggota yang bertugas, di antaranya buah-buahan, susu sapi, serta takjil.

 

Pewarta: Achmad Zunaidi