Kampung Tangguh di Kabupaten Blitar, Cara Atasi Dampak Covid-19

60DTK, Kabupaten Blitar – Pemkab Blitar, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, mengadakan sosialisasi pencegahan Covid-19 di Kampung Tangguh Bencana, Dusun Ngadirejo, Desa Sumberboto, Kecamatan Wonotirto, Jumat (12/06/2020).

Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik, yang turut hadir dalam agenda tersebut mengatakan, Kampung Tangguh Bencana ini merupakan ide dari Kapolda Jawa Timur dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, yang bertujuan untuk menumbuhkan kemandirian dan semangat gotong royong dalam menghadapi segala bencana.

Baca juga: Bentuk Desa Tangguh Bencana, Kabupaten Blitar Siap Menyambut New Normal Life

Selain itu, kata Cholik, agenda kali ini juga dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan semangat para warga untuk memanfaatkan kampung tangguh dalam mencegah dan mengatasi dampak Covid-19, seperti dampak kesehatan, ekonomi, sosial, serta ketahanan pangan.

“Diharapkan pula, dengan keberadaan kampung tangguh bencana itu, masyarakat kampung akan menjadi masyarakat yang tangguh dalam berbagai bidang. Mereka akan selalu menjadi orang-orang yang tangguh menghadapi berbagai persoalan, baik dalam mencegah Covid-19, maupun persoalan lainnya,” tutur Cholik kepada awak media, usai sosialisasi.

Baca juga: Tangguh Hadapi Covid-19, Bupati Blitar Launching Kampung Tangguh Bencana

Sementara, untuk menghadapi new normal life atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi Covid-19, kata Cholik, pemerintah daerah akan membuatkan surat edaran yang berisi bagaimana pencegahan Covid-19 pada tempat-tempat tertentu, sehingga masyarakat bisa beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi, menghadapi new normal, nanti akan dibuatkan surat edaran dari bupati, sehingga masyarakat bisa beraktivitas tetapi tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tutupnya. (adv/kmf)

 

Pewarta: Achmad Zunaidi