Cara Mengatur dan Mengelola Keuangan dengan Baik

  • Whatsapp
(Foto: Qoala)

60DTK, Gorontalo – Banyaknya kebutuhan hidup membuat kita perlu untuk mengatur dan mengelola keuangan dengan baik. Jika tidak, masalah keuangan akan selalu mengiringi, hingga membawa kita pada posisi sulit.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatur dan mengelola keuangan. Pertama, selalu siapkan anggaran keuangan. Cara ini memungkinkan kita untuk lebih bijak dan fokus pada hal-hal yang benar-benar kita butuhkan. Misalnya, dalam sebulan kita sudah mengalokasikan sekian rupiah untuk membayar listrik rumah, untuk membeli skin care, untuk jajan pun bisa dialokasikan. Dengan begitu, kita hanya mengeluarkan uang sesuai peruntukkannya saja, dan tidak akan mudah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting dan belum masuk anggaran.

Bacaan Lainnya

Kedua, menabung. Mungkin ini hal penting, tapi sering dilupakan. Sampai dengan saat ini, menabung masih menjadi formula penting untuk mengatur keuangan. Dengan menabung, kita punya simpanan jika seandainya ada hal-hal mendesak dan tidak sempat kita masukkan ke anggaran keuangan saat itu. Tabungan akan menjadi penyelamat saat itu terjadi.

Ketiga, hindari berutang. Rasanya saat hal mendesak terjadi, berutang adalah jalan keluar paling cepat. Namun, tanpa kita sadari justru berutang akan menambah masalah baru ke depannya. Itu kenapa menabung sangat penting, agar kita tidak memilih berutang ketika ada hal mendesak yang harus diselesaikan.

Keempat, buatlah catatan keuangan. Ini penting agar kita tahu kita sudah mengeluarkan uang ke mana saja, apakah sudah sesuai dengan anggaran keuangan yang kita buat atau tidak. Dengan mengetahui secara rinci pengeluaran yang dilakukan, kita akan lebih mudah mengeliminasi pengeluran yang tidak diperlukan.

Kelima, milikilah bayangan kehidupan di masa depan. Punya bayangan kehidupan di masa depan membuat kita merasa sayang kalau banyak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting. Misalnya, kita akan merasa: buat apa mengeluarkan uang untuk ini, mending dipakai untuk membuat rumah masa depan sesuai yang saya impikan.

Keenam, mulailah berinvestasi. Investasi ini punya peran yang cukup penting dalam menghadirkan kondisi finansial yang kuat. Selain mengamankan keuangan, investasi juga akan membawa keuntungan, sehingga kondisi keuangan kita bisa bertambah kuat seiring waktu.

Bagaimana? Sudahkah kita mengatur keuangan kita dengan baik?

Pos terkait