Darda Daraba Buka Forum Ekonomi dan Bisnis Region Suluttenggo

  • Whatsapp
Darda Daraba
Suasana Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo dengan Pemerintah Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah tentang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pembangunan Potensi Daerah, Jum’at (10/2/2022). Foto: Nova.

60DTK, Gorontalo – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba membuka Forum Ekonomi dan Bisnis Kawasan Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo), Jumat (10/2/2022).

Forum ini merupakan hasil inisiasi Pemerintah Kabupaten Boalemo dengan tujuan mengangkat perekonomian di tiga provinsi tersebut.

Bacaan Lainnya

“Atas nama Pemerintah Provinsi Gorontalo, kami menyampaikan apresasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Boalemo atas inisiatif melaksanakan kegiatan ini,” ujar Darda.

Darda mengatakan, keberadaan Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo pada kawasan Teluk Tomini, secara geografis mempunyai peluang ekonomi yang besar.

Darda Daraba menilai, Teluk Tomini mempunyai peran besar bagi dunia. Karena letaknya yang persis di jantung segitiga karang dunia dan tetap beada di garis katulistiwa serta memiliki ekosistem laut yang tertutup.

Selain itu lanjut Darda, Teluk Tomini juga menyimpan sumber daya perikanan yang besar, terumbu karang yang endemik, hamparan mangrove yang luas serta sumber daya pesisir yang melimpah.

“Tercatat perairan Teluk Tomini sampai perairan laut Serean, potensi perikanan tangkapnya mencapai 1.242.256 ton per tahun,” tambah Darda Daraba.

Dengan potensi yang dimiliki Kawasan Teluk Tomini ini, Darda berharap forum ini akan lahir konsep kerjasama antar daerah yang baik.

Dengan kerja sama ini juga akan menciptakan multiplier effect yang positif bagi ekonomi di Provinsi Gorontalo serta kedua provinsi tetangga.

“Saya berharap forum ini memberi solusi dan menciptakan sinergitas di tiga provinsi yang berada pada kawasan wilayah ini,” imbuh Darda. (ksm/rls)

 

Pos terkait