Hidupkan Kembali Ekonomi, Usaha Karawo Jadi Pilihan Pemda Gorut

  • Whatsapp
Indra Yasin
Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin Memberikan Sambutan Pada Pelatihan Sulaman Karawo oleh Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Dan UKM Kabupaten Gorontalo Utara dengan Dewan Kerajinan Nasional DaerahKabupaten Gorontalo Utara, Kamis (12/11/2020). Foto: Humas Gorut

60DTK, Gorontalo Utara – Prioritas Pemerintah Daerah Gorontalo Utara dalam menghidupkan kembali ekonomi juga menyusuri para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), seperti usaha sulaman khas tradisional Gorontalo Karawo.

Prioritas itu dibuktikan oleh pemerintah daerah, dengan memberikan pelatihan kepada 158 Pengrajin Karawo di Gorontalo Utara.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Maka salah satunya adalah Kerajinan Tradisional Karawo. Sebab itu tadi saya membuka Pelatihan Karawo, yang diikuti oleh kurang lebih 158 Pengrajin Karawo di Gorontalo Utara,” ucap Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, saat sambutan pada pelatihan sulaman karawo oleh Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Dan UKM Kabupaten Gorontalo Utara bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (12/11/2020).

Baca Juga: Gorontalo Utara Komitmen Menuju Kabupaten Sehat

Memang Karawo sendiri sudah masuk pada Invent Nasional yang sedianya sering dilaksanakan setiap tahun. Sehingga, untuk memulihkan perputaran ekonomi, Bupati Dua Periode itu berinisiatif untuk mengembangkan usaha ini untuk menarik wisatawan dari luar daerah.

“Pada umumnya, para wisatawan yang berkunjung, sudah pasti akan mencari ole – ole, Apalagi mereka berkunjung ke Gorontalo Utara. Maka salah satunya adalah kerajinan kain tradisional khas Gorontalo. Dengan adanya pelatihan ini, ilmu mereka akan bertambah sehingga menghasilkan karawo yang berkualitas,” jelasnya.

Tidak hanya itu, untuk menampung hasil sulaman tangan mereka, Indra Yasin akan menyediakan tempat. Sehingga, para wisatawan tidak perlu repot mencari lokasi dari hasil karya daerah ini.

“Oleh sebab itu, kami akan buat Gallery yang menjadi tempat untuk menampung hasil – hasil karawo di Gorontalo Utara. Dan juga karawo yang mereka buat bisa di jual, sehingga itu akan menambah pendapatan masyarakat itu sendiri,” tegas Bupati Indra.

Baca Juga: Gerak Cepat Ridwan Yasin Bantu Korban Kebakaran

Para pelaku usaha ini juga tidak perlu khawatir. Sebab, dirinya telah memerintahkan Kepala Dinas Perindagkop, untuk memberikan modal usaha kepada mereka. Dengan maksud, agar perkembangan Karawo bisa berlangsung dengan cepat.

“Berikut juga, Saya sudah meminta kepada Kadis Perindagkop, untuk melakukan lomba desain karawo. Dengan demikian, desain karawo di Gorontalo Utara bisa sangat berkualitas dan menarik minat wisatawan untuk datang membelinya,” pungkasnya. (adv)

 

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait