Kendaraan yang Datang ke Kabupaten Blitar Lewat Selorejo Hari Ini Disemprot Disinfektan

60DTK-Blitar: Dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Blitar, pihak Satlantas Polres Kabupaten Blitar, Dinas Perhubungan, serta Tim Gugus Tugas Kesehatan Kabupaten Blitar, melakukan penyemprotan disinfektan untuk kendaraan yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Blitar melalui jalur wisata Selorejo, Sabtu (28/03/2020).

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, tim gabungan ini juga sekaligus memberikan sosialisasi terkait physical distancing dan social distancing untuk setiap penumpang kendaraan umum, atau pemilik kendaraan pribadi yang lewat.

Baca juga: Warganya Masih Sering Berkerumun, Pemkab Blitar Gelar Rapat Evaluasi Pencegahan Covid-19

“Hari ini kita bersinergi dengan Tim Gugus Tugas Kesehatan Kabupaten Blitar untuk melakukan pengecekan suhu badan terhadap penumpang yang mau masuk ke wilayah Blitar, serta melakukan penyemprotan mobil. Dari situ kita mengimbau kepada penumpang untuk benar – benar memperhatikan maklumat dari Kapolri maupun instruksi dari pemerintah. Apabila tidak ada kepentingan untuk tidak usah keluar dari rumah,” ujar Kapolres Kabupaten Blitar, Ahmad Fanani Eko Prasetya, kepada awak media di sela – sela kegiatan penyemprotan.

Ia membeberkan, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19, dan akan dilakukan di beberapa titik lainnya seperti di wilayah selatan atau utara Kabupaten Blitar.

Baca juga: Pihak PKB Kabupaten Blitar Semprot Disinfektan Di Tempat Ibadah Untuk Cegah Covid-19

Tim gabungan Satlantas Polres Blitar, saat sedang melakukan penyemprotan disinfektan, Sabtu (28/03/2020). (Foto – Istimewa)

“Sebab dilihat dari letak geografis, wilayah Kabupaten Blitar banyak jalur masuk. Dan diutamakan jalur – jalur wisata,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar, Toha Mashuri menambahkan, kegiatan yang dilakukan ini diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Blitar, dan bisa mendorong masyarakat untuk lebih patuh terhadap imbauan dan instruksi pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 Asal Kabupaten Blitar, Ternyata Menantu Sekdakab Blitar

“Sesuai saran bupati untuk warganya, sementara jangan menerima tamu maupun saudara yang hendak datang ke rumah. Dan sebaiknya tidak keluar rumah bila tidak ada kepentingan. Lalu, bekerjalah di rumah bila bisa dikerjakan,” tutupnya.

Diketahui, dalam gerakan itu, tim gabungan ini sudah menahan satu mobil dari arah Malang, yang bertujuan untuk melakukan kunjungan wisata di Kabupaten Blitar, dan meminta pengendara mobil itu untuk putar arah kembali ke Malang. (adv/kmf)

Penulis: Achmad Zunaidi

Comments are closed.