Masyarakat Jangan Membuka Lahan Miring 60 Derajat

  • Whatsapp
Ilyas Lagarusu
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu. (Foto: Usman 60DTK)

60DTK, Gorontalo Utara – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pembukaan lahan di Kemiringan 60 Derajat.

Menurutnya, pembukaan lahan yang sudah berada di jumlah tersebut, itu malah berdampak pada kerusakan lingkungan yang ada.

Bacaan Lainnya

“Dengan membuka lahan pada kemiringan 60 Derajat, itu kalau di kami (DLH) sudah merusak lingkungan yang ada,” ungkap Ilyas, Rabu (31/03/2021).

Ilyas Lagarusu
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu. (Foto: Usman 60DTK)

Seharusnya, pada kemiringan 60 Derajat itu, masyarakat lebih menjaganya. Dengan cara, menanam kembali bibit pohon untuk menggantikan pohon yang sudah mati.

“Kalau misalnya dilihat sudah kurang pohon yang hidupĀ  harus segera mengambil langkah untuk melakukan penanaman kembali di bagian – bagian yang sudah terlihat kosong, agar supaya, ekosistemnya tetap terjaga,” ujarnya.

Baca Juga: Kadis DLH Gorut : Sampah Jadi Poin Pertama Masalah Lingkungan di Indonesia

Ia pun menegaskan, hal dengan kita menjaga kelestarian lingkungan, maka kita sudah menjauhkan bencana-bencana yang nantinya akan ditimbulkan.

“Ini semua sangat bermanfaat demi menjaga ekosistem lingkungan. Dengan kita fokus dan bersama-sama meningkatkan rasa kesadaran kita akan kelestarian lingkungan, itu berarti kita sudah menjauhkan segala musibah yang disebabkan oleh kerusakan alam,” tegas Ilyas Lagarusu. (adv)

Pos terkait