Nelson Tegur OPD yang Tidak Maksimal Hasilkan PAD

60DTK-KABGOR: Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang pengumpulan Pendapatan Asli Daerah (PAD)-nya tidak maksimal, harus siap kena teguran dan terima undangan langsung dari Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo.

Bahkan, hal tersebut sudah terjadi saat Nelson Pomalingo memberikan arahan dalam evaluasi penerimaan pajak daerah serta retribusi daerah yang digelar di Gedung Kasmat Lahay Kantor Bupati Gorontalo, Selasa (14/01/2020).

Baca juga: Pendapatan Daerah Kabgor Di Tahun 2019 Mengalami Kenaikan

“OPD yang kena teguran tadi nantinya saya akan undang secara khusus. Hal ini sebagai upaya pemerintah kabupaten dalam mendisiplinkan dan juga mengontrol OPD yang tidak bekerja dengan baik,” tegas Nelson.

Tidak hanya itu, Nelson juga menegaskan bahwa Ia akan mengevaluasi kembali persoalan kinerja dari masing – masing OPD agar lebih optimal dalam melakukan tugasnya.

Baca juga: Tingkatkan Pendapatan, Nelson Akan Bentuk ‘Dinas Mencari Uang’ Di Kabgor

“Kita akan kontrol dalam hal kinerja. Nah kinerja ini, kalo disiplin kan kita bisa lihat langsung, ya, tapi kinerja itu kita tidak tahu apa yang sedang mereka kerjakan,” jelas bupati bergelar profesor itu.

Ia pun membeberkan, untuk mengontrol kinerja OPD tersebut, sudah disediakan dua sistem sebagai bahan pengontrol kinerja OPD di lingkungan Kabupaten Gorontalo ke depannya.

Baca juga: Ini Cara Kepala Terminal Limboto Untuk Bantu Tingkatan Pendapatan Daerah

“Maka sistem kita buat, ada dua, ada yang langsung, misalnya Eselon II langsung melihat, sehingga bisa saja TPP-nya turun dari Eselon II itu. Begitu pula kalau dia bagus itu kita naikkan. Itu saya kira sebagai bahan kontrol kepada OPD di mana uang tidak bekerja dengan baik,” pungkas Nelson. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai