Pasien Covid-19 di Trenggalek Bertambah 2

60DTK, Trenggalek – Kasus Covid-19 di Kabupaten Trenggalek kini bertambah dua. Keduanya berasal dari Desa Karanganom, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek.

Hal ini terungkap setelah Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, menggelar konferensi pers terkait penambahan 2 kasus positif tersebut, yang selanjutnya disebut pasien 06 dan pasien 07, Senin (25/05/2020).

Baca juga: Pasien 04 Dinyatakan Sembuh, Tersisa 3 Pasien Covid-19 Di Trenggalek

“Kami mengumumkan pada hari ini, 25 Mei 2020, terdapat dua pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Trenggalek, tepatnya di Desa Karanganom, Kecamatan Durenan yang selanjutnya kita sebut dengan pasien 06 dan pasien 07,” ungkap Nur Arifin.

Keduanya berjenis kelamin perempuan, di mana pasien 06 berusia 51 tahun, dan pasien 07 berusia 46 tahun. Keduanya sehari-hari bekerja di Kabupaten Tulungagung, dan saat dilakukan rapid test dengan hasil reaktif, keduanya langsung diisolasi di Rusunawa IAIN Tulungagung.

Baca juga: Bupati Trenggalek Kunjungi Warganya Yang Diisolasi Di Asrama Balai Diklat BKD

Pada tanggal 21 Mei 2020, kedua pasien dijemput dari Tulungagung untuk diperiksa menggunakan swab test di RSUD dr. Soedomo Trenggalek, dan menjalani isolasi di Asrama Balai Diklat BKD Trenggalek. Lalu pada 24 Mei 2020, hasil swab test keduanya dinyatakan positif.

Dari pasien 06, terdapat 4 kontak erat yang diperiksa yaitu 2 anak dan 2 cucu, yang berdasarkan hasil rapid test, satu orang cucu dinyatakan reaktif. Namun setelah dilakukan swab test dua kali pada tanggal 21 dan 24 Mei 2020, hasilnya negatif.

Baca juga: Danrem 081/DSJ Puji Penanganan Covid-19 Di Trenggalek Sebagai Yang Terbaik

Sementara dari pasien 07 terdapat 6 kontak erat, yaitu suami, 1 anak, 3 rekan kerja, dan 1 anak dari rekan kerja, yang berdasarkan rapid test, semuanya dinyatakan nonreaktif.

Terkait hal tersebut, Pemkab Trenggalek mengambil langkah-langkah sebagaimana yang telah dilakukan pada kasus-kasus sebelumnya.

Baca juga: Bupati Trenggalek Mulai Upayakan Langkah Pemulihan Usai Pandemi Covid-19

“Untuk pasien 06 dan 07 tetap diisolasi di Asrama BKD dan dipantau perkembangan penyakitnya,” tutur Nur Arifin.

Selain mengumumkan penambahan pasien positif, pada kesempatan tersebut Nur Arifin juga mengumumkan kesembuhan satu pasien Covid-19, yaitu pasien 03 asal Desa Karangsoko. Dengan begitu, maka saat ini tersisa 3 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Trenggalek. (adv)

 

Pewarta: Hardi Rangga