Pemkab Blitar Agendakan 3 Program Prioritas Untuk 2021

60DTK-Blitar: Pemerintah Kabupaten Blitar menetapkan tiga agenda prioritas pembangunan dalam rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2021 mendatang. Di antaranya, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) serta penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, pemenuhan dan peningkatan infrastruktur daerah, serta penguatan daya saing ekonomi pada sektor unggulan dan potensial.

Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo menuturkan, tiga hal ini akan dijabarkan ke dalam program – program kerja prioritas untuk menunjang beberapa hal seperti kecepatan pelayanan masyarakat, serta infrastruktur yang memadai untuk menunjang perekonomian masyarakat.

Baca juga: Kinerja Pemerintahannya Dinilai Baik, Pemkot Blitar Terima Penghargaan Dari KemenPANRB 

“Ketiganya penting untuk diprioritaskan. Di mana, di era digitalisasi dengan sistem elektronik untuk menunjang kecepatan pelayanan masyarakat, SDM sangatlah dibutuhkan. Termasuk, sarana infrastruktur yang memadai sebagai penunjang perekonomian masyarakat,” tutur Marhaenis usai membuka acara Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Blitar Tahun 2021 di kantor Bupati Blitar, Jumat (31/01/2020).

Ia mengaku, pihaknya sudah menyiapkan beberapa cara pelayanan secara elektronik, agar bisa memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Sementara untuk penguatan daya saing ekonomi pada sektor unggulan dan potensial, akan dilakukan pembinaan, pengembangan, dan fasilitas berupa modal untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca juga: Jepang Jajaki Kerjasama Dengan Kabupaten Blitar

“Kami juga sudah menyiapkan informasi secara elektronik, ada e-Pradah, e-Musrenbang, SIEVA RKPD, e-Budgeting, SIRUP Lokal, hingga e-Pokir. Ini semua bukti bagaimana kami memudahkan akses masyarakat terlayani dengan cepat dan sarana infrastruktur yang kami bangun,” lanjut politikus dari PDIP itu.

Untuk itu, demi suksesnya agenda yang akan digalang tahun depan itu, Marhaenis berharap agar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar bisa merespons cepat RKPD tersebut. Ia juga menegaskan OPD untuk mulai memunculkan inovasi lokal, dan mengurangi kegiatan yang bersifat monoton dan kurang jelas hasilnya.

Baca juga: Selama 2019, Investasi Kabupaten Blitar Meningkat Signifikan, Hampir 2x Lipat

“Saya berharap hasil rancangan awal RKPD tahun 2021 nanti dapat membawa perubahan pembangunan Kabupaten Blitar yang semakin maju, adil, damai, dan berdaya saing,” tandasnya. (rls/adv)

Penulis: Achmad Zunaidi

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles