Pemkab Blitar Salurkan Bansos Untuk Seniman dan Pelaku Wisata Terdampak Covid-19

  • Whatsapp
Bupati Blitar, Rijanto, saat memberikan bansos secara simbolis kepada seniman dan para pelaku wisata di Kabupaten Blitar, Jumat (15/05/2020). (Foto - Istimewa)

60DTK, Kabupaten Blitar – Bupati Blitar, Rijanto, menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada seniman dan para pelaku wisata yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Blitar, Jumat (15/05/2020).

“Semua yang terdampak ekonomi karena wabah virus corona ini kita data dan kita bantu,” ungkap Bupati Blitar, Rijanto, usai penyerahan bansos yang berlangsung di Aula Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Blitar.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Baca juga: Pemkab Blitar Pastikan Penyaluran Bansos Berikutnya Lebih Tepat Sasaran

Menurutnya, para pekerja seni dan pelaku usaha pariwisata ini juga menjadi bagian yang sangat merasakan dampak merebaknya Covid-19. Hal ini karena kunjungan wisatawan juga ikut menurun, sehingga tak ada pemasukan yang berarti bagi mereka.

“Oleh karena itu mereka perlu diperhatikan juga. Mereka para pelaku pariwisata mulai pengusaha travel, rumah makan, pedagang di kompleks pariwisata, hingga kuliner dan pengusaha rumah penginapan atau hotel juga sepi orderan. Mudah-mudahan bantuan sosial ini bermanfaat,” harapnya.

Lihat juga: Pemkab Blitar Salurkan Bantuan Pengaman Sosial

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso membeberkan, para pekerja seni dan pelaku usaha yang ada di wilayah Kabupaten Blitar kini ada 779 orang.

Ia mengaku, sebenarnya pihaknya mengusulkan agar semua pelaku seni dan usaha ini bisa mendapatkan bansos. Namun setelah diverifikasi, hanya 413 orang yang disetujui.

Baca juga: Pemkab Blitar Terima Puluhan Bantuan Untuk Tenaga Medis Dari PDHI Jatim

“Dari 413 yang mendapat bansos, 165 orang itu di antaranya adalah seniman. Sementara mereka yang tidak lolos dapat bantuan karena sudah mendapatkan bantuan sosial lainnya,” ungkap Suhendro.

Ia berharap, meski di tengah kondisi yang semakin sulit, para pekerja seni dan pelaku usaha ini bisa tetap semangat dalam berkarya, dan terus berdoa agar pandemi ini bisa segera berakhir. (adv/kmf)

 

Pewarta: Achmad Zunaidi

Pos terkait