Pemkab Trenggalek Perluas Sektor Pariwisata dan Ekonomi Lewat Pembangunan Jalan Pansela

60DTK, Trenggalek – Pembangunan Jalan Pansela ruas Trenggalek – Tulungagung, mulai dikerjakan. Meski begitu, tak hanya melakukan pembangunan jalan, namun bersamaan dengan ini juga akan dibangun rest area yang menghadap langsung ke Pantai Popoh dan Prigi.

“Kita tidak hanya membangun jalan, namun mulai hari ini kita juga membangun sejarah Kabupaten Trenggalek,” ujar Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, saat meninjau langsung pembangunan tersebut, Kamis (25/06/2020).

Pembangunan Jalan Pansela ini diharapkan nantinya akan menjadi titik awal sejarah, di mana Teluk Prigi menjadi poros perekonomian baru. Dengan adanya Jalan Pansela ini, Teluk Prigi yang memiliki potensi lokal yang luar biasa, seperti hasil perkebunan hutan, hasil perairan tangkap, budi daya, serta sektor pariwisata yang mejadi sektor unggulan Trenggalek, akan semakin mudah diakses.

Baca juga: 2 Keunggulan Yang Buat Pemkab Trenggalek Optimis Jalani New Normal

Selain itu, jalan tol yang menghubungkan bandara di Kediri hingga Tulungagung, juga akan semakin dekat. Begitu juga Pelabuhan Niaga Nusantara yang menjadi pintu masuk akses dari arah laut.

“Hari ini kita meninjau pembangunan Jalan Pansela, kemudian kita juga ada agenda strategis dengan amanat Kepres 80 kita harus membangun rest area dan agro park di sekitar Pansela yang nanti akan dibangun,” tutur Nur Arifin lagi.

“Saat ini kita survei lokasi di mana titik yang paling baik, salah satu puncaknya dan kebetulan kita berasa di tanjung, sehingga di sisi timur dan baratnya kita bisa melihat laut yang sama-sama indah,” imbuhnya.

Baca juga: Tasikmadu Diresmikan Jadi Desa Tangguh Nelayan, Ini Harapan Bupati Trenggalek

Sementara itu, pihak Balai Jalan VIII PPK 2.5 Provinsi Jatim, Bagus Artamana menuturkan, memang rest area tersebut dibuat dengan berdasar pada salah satu amanat Kepres 80, bahwa Kabupaten Trenggalek harus memiliki agro park yang dilengkapi rest area yang terintegrasi oleh jalan.

Hal ini nantinya akan menambah nilai manfaat dari jalan, juga sebagai destinasi pariwisata yang baru. Dengan begitu, ketika pembangunan jalannya selesai, akan ada multiplayer efek yang bisa diterima oleh masyarakat.

“Tempat ini cukup spesial karena berada di tengah sebuah tanjung. Kalau cita-cita Pak Bupati Trenggalek bisa mewujudkan Prigi 360, cita-cita itu bisa terwujud di sini. Kita lihat dari arah kanan saya, di sana ada Pantai Prigi, kemudian di depan saya itu Pantai Popoh. Terus di sisi lain ada bukit yang bisa ditambah tulisan misalnya Prigi 360 itu akan menjadi daya tarik lebih lagi,” ungkap Bagus.

Baca juga: Bupati Trenggalek Launching Kampung Tangguh Semeru Desa Karanganom

“Di sini secara studi kelayakan berada di puncak bukit, sehingga bisa melihat view ke mana-mana. Nah, ini tinggal kita perkuat secara teknis, sehingga Puncak Tumpak Unteng ini ke depannya kuat dan aman,” tutupnya. (adv)

 

Pewarta: Hardi Rangga