Polres Tulungagung Luncurkan Pos Digital Astuti

  • Whatsapp
Pos Digital Astuti yang berada di anjungan mandri telah diresmikan Kapolres Tulungagung, Senin (06/04/2020). Foto : Istimewa.

60DTK – Tulungagung : Di tengah pandemi corona yang semakin meluas, tidak mengurangi komitmen Polres Tulungagung dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, salah satunya meluncurkan Pos Digital Astuti (Angunge Sikap Tulung Timulung).

Berada di anjungan tunai mandiri di pusat perbelanjaan, Pos Digital Astuti menjadi anjungan informasi publik berbasis online yang bisa diakses 24 jam oleh masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Pos Digital Astuti ini untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi maupun layanan dari kepolisian tanpa perlu datang ke Kantor Polisi,” jelas Kapolres Tulungagung Eva Guna Pandia, Selasa (07/04/2020).

Adapun cara penggunaan pos digital itu sangat mudah. Pengguna hanya cukup menekan tombol merah pada mesin, dan secara otomatis pos digital tersebut akan terkoneksi dengan Comand Center Polres Tulungagung. Dengan begitu, pengguna sudah terhubung dengan petugas yang siaga 24 jam.

“Di layar akan nampak petugas jaga yang akan menanyakan permintaan pelayanan apa yang diminta oleh pengguna pos digital tersebut,” papar Pandia.

Untuk meminimalisir anterian panjang lanjut Pandia, pihaknya berencana menambah pos digital yang akan ditempatkan di titik-titik tertentu. Hal itu guna mendukung kebijakan pemerintah (physical distancing) dalam mencegah penyebaran virus corona.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Tulungagung  Aristianto Budi Sutrisno menambahkan, pos digital tersebut bisa digunakan untuk memperoleh informasi tentang SIM, SKCK, Registrasi Kenderaan, laporan kehilangan hingga infomasi kemacetan dan lain-lain.

“Masyarakat bisa berkonsultasi langsung dengan petugas melalui sambungan video jarak jauh. Dan Pos Digital Astuti ini, menjadi salah satu solusi sekaligus inovasi layanan publik dari Polres Tulungagung yang patut dicontoh oleh pihak-pihak terkait di wilayah-wilaya lain di Indonesia,” terang Aristianto.

Pewarta : Hari Suhartono

Pos terkait