Kerja Sama Dengan Pemdes, Mapala Alaska UNG Semprot Disinfektan di Desa Bulila

60DTK-Kabupaten Gorontalo: Mapala Alaska Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), di bawah asuhan Wakil Dekan III FT UNG, Tajuddin Abdillah, melakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Desa Bulila, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (4/04/2020).

Kegiatan yang dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Desa Bulila dan Puskesmas Telaga ini, dibuka langsung oleh Kepala Desa Bulila yang dihadiri oleh seluruh pihak Puskesmas Telaga, Wakil Dekan III FT UNG, anggota Mapala Alaska, Perangkat Desa, BPD, Linmas, PKK Desa, serta para sukarelawan yang nantinya akan terjun langsung ke rumah – rumah warga untuk melakukan penyemprotan.

Baca juga: Polda Gorontalo Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Sejumlah Fasilitas Publik

Terkait gerakan ini, Ketua Umum Mapala Alaska FT-UNG, Septiyanti Puti pun mengucapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang sudah diberikan kepadanya dan anggota Mapala Alaska lainnya, dalam melakukan penyemprotan disinfektan tersebut.

“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Mapala Alaska dalam bentuk pengabdian masyarakat, di mana kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pimpinan Fakultas Teknik. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih banyak,” tutur perempuan yang akrab disapa Lani itu.

Baca juga: Pemkab Gorut Terima Bantuan Bilik Disinfektan Dari Gubernur Gorontalo

Pemdes Bulila, pihak Puskesmas Telaga, Wakil Dekan III FT UNG (paling kanan), anggota Mapala Alaska, Perangkat Desa, BPD, Linmas, PKK Desa, serta para sukarelawan, usai melakukan penyemprotan disinfektan, Sabtu (4/04/2020). (Foto – Istimewa)

Sementara itu, Wakil Dekan III FT UNG, Tajuddin Abdillah menuturkan, pemilihan Desa Bulila sebagai lokasi penyemprotan disinfektan, bukanlah tanpa sebab, melainkan karena melihat Desa Bulila yang terletak di antara dua wilayah, yakni Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo, sehingga menjadi daerah transit yang rawan dengan penyebaran Covid-19. Ditambah lagi, Desa Bulila memiliki penduduk sebanyak 2.578 Jiwa dari 5 dusun yang harus dilindungi.

“Desa Bulila merupakan pusat pemerintahan wilayah yang ada di Kecamatan Telaga, di mana masyarakatnya terdiri dari berbagai macam karakteristik dan plural. Selain itu pula, Desa Bulila dikenal sebagai desa jasa dan perdagangan, karena hampir sebagian masyarakatnya bergerak di bidang jasa dan perdagangan,” jelas Tajuddin.

Baca juga: Bandara Djalaluddin Gorontalo Dilenglapi Bilik Disinfektan

Ia pun menegaskan, ada beberapa tujuan yang pihaknya bahwa dalam melakukan penyemprotan cairan disinfektan tersebut, di antaranya untuk memberikan pelayanan kesehatan dasar yang maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Bulila dan sekitarnya, memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar, serta memberikan sosialisasi serta penyuluhan langsung kepada warga masyarakat.

“Selain itu, kami juga ingin memberikan kenyamanan hidup kepada warga yang terdampak Covid-19, menjalin silaturahmi kepada warga masyarakat di basis terbawah, juga ingin menetralisir rumah warga dari risiko penularan Covid-19,” tukasnya mantap.

Baca juga: TGT Covid-19 Kabgor Serahkan Bantuan APD Untuk Petugas Medis

Sementara itu, Kepala Desa Bulila, Yusran Tine mengungkapkan, dirinya mewakili aparat desa sangat berterima kasih kepada semua pihak yang sudah melakukan kegiatan penyemprotan tersebut.

“Semoga kegiatan serta kerja sama ini bukan saja pada saat ini, namun berkelanjutan di kegiatan – kegiatan lainnya dalam rangka menunjang pembangunan yang ada di Desa Bulila. Saya berharap bahwa kegiatan ini akan bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Desa Bulila dalam rangka mengurangi angka penularan dan penyebaran Covid-19,” tutupnya.

Comments are closed.