Khasiat Akar Cemara Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh: Puguh Setiawan

60DTK, Editorial – Tak banyak yang mengira jika akar pohon Cemara mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tanaman yang umumnya tumbuh liar di dataran tinggi ini ternyata banyak menyimpan manfaat bagi penyembuhan penyakit seperti sesak napas, ginjal, gangguan pencernaan, jantung, limpa, dan berbagai penyakit lainnya.

Pakar pijat tradisional asal Madiun, Nur Hadi menuturkan bahwa di dalam akar tumbuhan dengan nama latin Platycladi Semen ini memiliki kandungan kimia alami seperti saponin, polifenol, flavonoida, dan tanin, yang sangat mudah diserap oleh tubuh manusia pada umumnya.

Baca juga: Selain Menyegarkan, Ini Ragam Manfaat Es Tebu Bagi Tubuh

Selain itu, menurut Nur Hadi, Cemara sendiri juga ampuh untuk digunakan sebagai pereda batuk. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengambil kandungan minyak dari akar Cemara, lalu direbus tanpa menggunakan air agar kandungan minyak dalam akar cemara tersebut keluar. Jika kandungan minyak sudah keluar, ambil minyaknya, kemudian teteskan minyak tersebut ke dalam wadah yang berisi air panas dengan 3 kali tetesan, kemudian hirup hingga batuk reda.

Sementara untuk pengobatan penyakit seperti sesak napas, ginjal, gangguan pencernaan, jantung, atau pun limpa, kita cukup mengambil akar Cemara dengan ukuran diameter 3 sampai 6 cm, kemudian rebus dengan air mendidih.

Baca juga: Ugly? Step Back! Pretty? Go Ahead!

Penting juga untuk menambahkan gula aren agar rasa manis dalam kandungan akar Cemara tambah manis dan gurih. Proses merebus kurang lebih 20 sampai 25 menit agar kandungan kimia yang ada di dalam akar cemara bisa larut dengan gula aren.

Dengan beragam manfaat tersebut, bukankah akan sangat baik jika kita mencobanya di rumah bersama keluarga? (rds)