KPU Pohuwato Tetapkan RSAS Tempat Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon

60DTK, Kabupaten Pohuwato – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, telah menetapkan Rumah Sakit Aloe Saboe (RSAS) Kota Gorontalo sebagai tempat pemeriksaan kesehatan seluruh Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada 2020.

Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali mengatakan, penetapan itu didasarkan pada rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Gorontalo dan IDI Kabupaten Pohuwato.

“Kita (KPU Pohuwato) sudah menetapkan RSAS Kota Gorontalo berdasarkan rekomendasi IDI wilayah dan cabang,” ungkap Rinto melalui sambungan telepon, Sabtu (29/8/2020).

Baca Juga: KPU Pohuwato Imbau Pendukung Tidak Ikut Saat Bapaslon Mendaftar

Rinto menjelaskan, rekomendasi dari IDI itu telah melalui berbagai pertimbangan. IDI melihat, RSAS menjadi tempat yang tepat untuk melakukan pemeriksaan untuk Bapaslon dari Pohuwato. Sebab alat pemeriksaan dan Sumber Daya Manusia (Dokter) di RS itu tersedia.

“Sesuai dengan standar dan juknis yang ada, RS yang dijadikan rujukan itu adalah RS yang tipe A, atau minimal tipe B. Di Gorontalo itu ada dua RS, yaitu RS Dunda dan RSAS. Ada pertimbangan teknis kenapa harus RSAS, seperti ketersediaan alat dan SDM,” jelas Rinto.

Baca Juga: KPU Pohuwato Minta PPK/PPS Teliti Dan Cermat Terkait Hasil Coklit

Mengingat jarak dari Pohuwato menuju RSAS yang cukup jauh, Rinto berharap agar seluruh Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati dapat memahami segala pertimbangan yang menjadikan pihaknya dan IDI menetapkan RSAS jadi lokasi pemeriksaan kesehatan.

“Dari jarak memang jauh, tetapi berdasarkan pertimbangan teknis, saya harap ini jadi pertimbangan juga untuk Bapaslon,” pungkasnya. (adv)

 

 

 

Pewarta: Andrianto Sanga