Pemkab Gorontalo Undang Sukarelawan Dari Luar Daerah Untuk Upacara 23 Januari Besok

60DTK-Kabupaten Gorontalo: Pemerintah Kabupaten Gorontalo mengundang sukarelawan yang terlibat pada pembentukan Provinsi Gorontalo untuk menghadiri upacara peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 besok, Kamis (23/01/2020).

“Kami mengundang tidak hanya di Gorontalo, tetapi juga dari luar Gorontalo. Dari luar Gorontalo dari Jakarta, dari Bandung, dari Manado, dari Makassar, dan lain sebagainya yang terlibat relawan pembentukan Provinsi Gorontalo,” ujar Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo.

Baca juga: Akan Ada 10 Ribu Massa Di Upacara Peringatan Hari Patriotik 23 Januari Mendatang

Menurut Nelson, momentum ini untuk mengenang sejarah perjuangan pembentukan daerah yang berjuluk Serambi Madinah ini bersama mereka (sukarelawan) yang ada 20 tahun lalu (dua dekade).

“Mereka kami sendirikan, karena ini mengenang 20 tahun yang lalu bagaimana sejarah itu kita ukir. Yang saya kira kita terharu juga, karena 20 tahun tidak bisa memikirkan bagaimana lahirnya Provinsi Gorontalo,” ungkap Nelson.

Baca juga: Nelson Bahas Kedatangan Presiden RI Di Hari Patriotik Nanti Dengan Rusli Habibie

Selain dari luar Gorontalo, pihaknya juga mengundang seluruh jajaran Forkopimda di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Gorontalo. Nelson berharap, akan ada perwakilan mereka saat apel tersebut.

“Semestinya semua kabupaten/kota merasa memiliki terhadap provinsi ini. Kami ingin cek sejauh mana kabupaten/kota lain walaupun mungkin terbatas. Tetapi, saya berharap ada kelompok mereka hadir di sini,” harapnya.

Baca juga: Bendera Merah Putih Terpanjang Siap Sambut Hari Patriotik 23 Januari

Direncanakan, apel akbar yang akan diikuti oleh 10 ribu massa itu akan dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Selain itu, kegiatan ini juga akan diisi dengan beberapa rangkaian acara seperti pencak silat, teatrikal, dan lain sebagainya. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai