Pemkab Trenggalek Lakukan Rapid Test ke Sejumlah Pengunjung yang Berkerumun di Kafe

60DTK, Trenggalek – Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Forkopimda Trenggalek menggelar operasi penegakan disiplin yang menerjunkan tim gabungan tiga pilar, di antaranya pihak Pemkab Trenggalek, anggota TNI, serta Polri, Rabu (22/04/2020).

Operasi penegakan disiplin ini menyasar lokasi keramaian warga, tempat – tempat di mana massa banyak berkerumun, yang berisiko menjadi wadah penularan Covid-19.

Baca juga: Sebagai Pengganti Baju Hazmat Tenaga Medis, Pemkab Trenggalek Sediakan Bilik APD

Ketika menemukan kerumunan massa, tim gabungan ini pun segera mengambil langkah cepat pencegahan, termasuk melakukan rapid test bagi seluruh pengunjung kafe yang hadir, untuk menekan risiko penularan Covid-19 seminimal mungkin.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menuturkan, memang sejak beberapa waktu lalu, masyarakat sudah senantiasa diimbau untuk menjaga jarak fisik satu sama lain, dan menjauhi kerumunan.

Baca juga: Pemkab Trenggalek Siapkan Insentif Untuk Masyarakat Yang Menunda Mudik

“Pusat – pusat titik aktivitas perekonomian seperti kafe dan sebagainya tetap diperbolehkan buka, asalkan pemesanan dilakukan secara bungkus, atau take away. Jadi malam ini kita melakukan operasi penegakan disiplin, salah satunya adalah disiplin bagaimana masyarakat untuk tidak berada di kerumunan,” tutur Nur Arifin.

Selain itu, rapid test yang dilakukan secara langsung itu juga merupakan langkah untuk mitigasi risiko penyebaran secara lebih spesifik. Untuk hal itu, Ia mengaku sudah menerjunkan langsung petugas medis.

Lihat juga: Pemkab Trenggalek Jamin Ekonomi Masyarakat Yang Terdampak Corona

“Dari 36 orang yang diperiksa di lokasi tersebut, masih ada 1 orang sampel untuk dilakukan pendalaman lebih lanjut, sisanya negatif rapid test. Kita terus akan melakukan operasi ini, dan saya harap ini kan juga menjelang bulan Ramadan, kita juga tidak ingin di dalam bulan Ramadan kita kemudian masih harus beroperasi seperti ini,” bebernya.

Sementara itu, Kapolres Trenggalek, Jean Calvijn Simanjuntak juga mengimbau masyarakat untuk terus beraktivitas sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19 yang berlaku.

Baca juga: Pemkab Trenggalek Siagakan Dapur Umum Di Tiap Kecamatan Selama Pandemi Covid-19

“Kita imbau kembali kepada masyarakat Trenggalek, SOP pemerintah terkait dengan protokol kesehatan, sebaiknya dilakukan. Ini untuk kebaikan kita bersama, keselamatan, dan kesehatan rakyat adalah yang tertinggi. Kita menjaga kesehatan dan keselamatan kita, juga orang lain. Jadi saling menjaga,” tukas Jean. (adv)

 

Pewarta: Hardi Rangga