Pemkab Blitar Tahun Depan Targetkan Raih Predikat BB untuk SAKIB

  • Whatsapp
Sosialisasi Pemantapan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemkab Blitar diadakan di Forastero Hall Kampung Cokelat, Selasa (25/02/2020). Foto : istimewa

60DTK – Blitar : Pemerintah Kabupaten Blitar menargetkan meraih predikat BB Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Target ini dipatok mengingat tahun 2019 kemarin, Pemkab Blitar menurut penilaian Menpan RB hanya meraih predikat B. Adanya perubahan komposisi indicator penilaian SAKIP dari Kemenpan RB yang menyebabkan Pemkab Blitar gagal meraih predikat BB.

Untuk mencapai predikat BB tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar rapat Pemantapan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Rapat tersebut dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Drs. Totok Subihandono di Forastero Hall Kampung Cokelat, Selasa (25/02/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut Sekda, untuk peningkatan predikat B ke BB, bisa dilakukan dengan mengoptimalisasi akuntabilitas kinerja masing-masing perangkat daerah yang ada di lingkup Pemkab Blitar.

BACA JUGA : Tenaga Medis Kehewanan Di Kabupaten Blitar Wajib Kantongi SIPP

“Dengan begitu, kita himbau mulai dari kepala perangkat daerah, camat, sampai birokrasi terendah, untuk bahu membahu dan bersama-sama memaksimalkan upaya meningkatkan akuntabilitas kinerja masing-masing. Sehingga,  kualitas sistem akuntabilitas kinerja perangkat pemerintahan meningkat,” ujarnya.

Sekda juga berharap, materi yang telah diberikan oleh narasumber dari Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri dan Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu, benar – benar dilaksanakan, sehingga apa yang telah dicita – citakan dapat diraih.

Untuk itu, lanjut Sekda Totok, melalui forum sosialisasi yang diikuti peserta dari para asisten, staf ahli, Kasubag Sungram dan Sekretaris masing-masing OPD, Camat serta Lurah ini, diharapkan mampu memberi cakrawala baru.

BACA JUGA : Jepang Jajaki Kerjasama Dengan Kabupaten Blitar

“Sehingga saya yakin, tahun depan predikat itu akan kita raih,” tandasnya.

Meskipun demikian, Totok menegaskan, predikat maupun taraf nilai bukan tujuan akhir dari sosialisasi pemantapan ini. Namun, targetnya mampu membawa perubahan kearah yang lebih baik menjadi agenda utama Pemkab Blitar.

“Lantaran SAKIP salah satu bagian indikator kualitas reformasi birokrasi sebuah pemerintahan. Maka ini menjadi agenda utama,” tandas Totok. (adv/kmf)

Pewarta : Achmad Zunaidi

Pos terkait