Penyaluran BLT di Kabupaten Blitar Diapresiasi Gubernur Jatim

  • Whatsapp
Bupati Blitar, Rijanto (tengah), bersama KPM Desa Sidorejo, Kecamatan Ponggok, saat melakukan video conference bersama Gubernur Jatim saat penyaluran BLT di Sidorejo, Selasa (12/05/2020). (Foto - Achmad 60dtk)

60DTK, Kabupaten Blitar – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) ke 312 warga Desa Sidorejo, Kecamatan Ponggok, oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, diapresiasi langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Hal ini terlihat ketika Khofifah turut hadir via live streaming dalam proses penyaluran bantuan yang dilakukan oleh Bupati Blitar, Rijanto, bersama beberapa Anggota DPRD Kabupaten Blitar, Kepala BPBD, PMD, Dinas Kominfo, dan Bank Jatim, Selasa (12/05/2020).

Bacaan Lainnya

Baca juga: Bupati Blitar Salurkan BLT Ke 5 Desa

“Jadi hari ini saya bersama beberapa anggota DPRD Kabupaten Blitar, Kepala BPBD, PMD, Dinas Kominfo, dan Bank Jatim, mendapat kehormatan quick count dari Gubenur Khofifah, untuk menyalurkan BLT DD kepada warga miskin yang terdampak Covid-19 di Kecamatan Ponggok, melalui video streaming,” ujar Bupati Blitar, Rijanto kepada awak media usai kegiatan.

Rijanto menyebutkan, sejauh ini sudah ada empat Pemdes yang telah menyalurkan bantuan, salah satunya Pemdes Sidorejo, Kecamatan Ponggok.

Baca juga: Bupati Blitar Salurkan Bansos Untuk 3.000 Masyarakat Mulai Dari Kecamatan Wlingi

“Untuk kriteria bantuan BLT DD ini ada 3 kriteria. Pertama tentunya keluarga miskin yang kehilangan mata pencaharian, kedua yang belum pernah menerima bantuan sosial, dan yang ketiga mereka yang menderita sakit atau keluarganya sakit dan tidak mampu bekerja. Dan alhamdulillah ini berjalan dengan baik,” ungkap Rijanto.

Lebih lanjut Rijanto mengatakan, berdasarkan progres yang disampaikan kepada pihaknya, diketahui dari 220 desa yang ditargetikan mendapat BLT DD pada tahap satu ini, jumlah yang sudah tersalurkan adalah sebesar Rp76,590 miliar, di mana yang khusus BLT DD sejumlah Rp53,659 miliar.

Baca juga: Warga Terdampak Covid-19 Di Kabupaten Blitar Akan Terima Berbagai Bantuan Sosial

“Dengan 43 desa di Kabupaten Blitar, yang saat ini sudah menyalurkan BLT DD dengan nilai Rp2.168.000 miliar untuk 3.614 kepala keluarga, dengan rincian, untuk mereka yang kehilangan mata pencaharian 690 KK, yang belum terdata atau mendapatkan bantuan sosial 2.361 KK, dan bagi mereka yang sakit sejumlah 464 warga,” pungkas Rijanto.

Sementara itu, Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam amanatnya via streaming mengatakan, untuk BST dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang berasal dari Pemerintah Pusat, penyalurannya akan diusahakan selesai sebelum Idul Fitri, tak terkecuali dengan BLT DD.

Baca juga: DPRD Kabupaten Blitar Terus Upayakan Pengalihan Dana Desa Untuk Tangani Covid-19

“Hal itu sesuai amanat Bapak Presiden setelah saya rapat virtual bersama Bapak Presiden sebelum ini. Nantinya saya anjurkan untuk para camat dan kepala desa untuk segera meneruskan penyaluran BLT DD ini. Dan sebelum hari raya juga harus sudah 100%,” tegas Khofifah. (adv/kmf).

 

Pewarta: Achmad Zunaidi

Pos terkait